Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan
pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan
pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi),
ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Dalam pelaksanaannya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penilaian pada unit layanan
dengan apresiasi dan penghargaan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Dalam
penilaian Zona Integritas menuju WBK/WBBM, terdapat enam aspek
penilaian, yakni manajemen perubahan, manajemen SDM, pelayanan publik,
tata laksana, akuntabilitas, serta pengawasan.
Salah satu tujuan Reformasi Birokrasi di Badan Pusat Statistik adalah
pelayanan prima kepada pengguna data. BPS Provinsi Jawa Timur merupakan
salah satu dari enam satker di BPS yang diusulkan dalam penilaian Zona
Integritas menuju WBBM.
Senin (21/10) Kemenpan RB mengunjungi
BPS Provinsi Jawa Timur untuk melanjutkan penilaian dengan menyaksikan
langsung bagaimana pelaksanaan pelayanan statistik terpadu (PST). Selain
itu, kemenpan RB juga ingin mengetahui lebih dalam inovasi pelayanan
publik BPS Provinsi Jawa Timur yaitu Aplikasi Wedang Suji dan Data
Corner BPS yang telah tersedia di Google Playstore dan Layanan Chatting
melalui WhatsApp Dewita.