Perkembangan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Jawa Timur Triwulan II – 2015
Jadwal Rilis :
Ukuran File :
Hit :
Abstraksi
- Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Jawa Timur pada Triwulan
II – 2015 sebesar 103,88 artinya kondisi tingkat optimisme konsumen lebih baik dibandingkan dengan Triwulan I – 2015 yang mencapai 100,75. Tingkat optimisme konsumen pada Triwulan II –
2015 mengalami kenaikan 3,13 poin dibandingkan Triwulan I – 2015. Penyebab utama membaiknya
tingkat optimisme ini didorong
oleh musim liburan sekolah dan pengeluaran kebutuhan konsumsi rumah tangga
menjelang bulan Ramadhan yang jatuh pada pertengahan bulan Juni 2015.
- ITK Jawa Timur
Triwulan III – 2015 diperkirakan sebesar 114,29 lebih tinggi
dibanding Triwulan II – 2015. Masyarakat Jawa Timur memandang positif terhadap kondisi ekonominya yang terjadi di Triwulan III – 2015. Dinamika
ekonomi bergerak cepat di triwulan ini puncaknya terjadi di akhir Ramadhan dan hari raya.
Selain itu, liburan sekolah dan kenaikan kelas (tahun ajaran
baru) juga memberikan dampak positif pergerakan ekonomi pada Triwulan III –
2015.
- ITK Jawa Timur pada Triwulan II – 2015 (103,88) lebih rendah dibanding ITK Nasional yang tercatat
sebesar 105,22. Berbeda dengan Triwulan II – 2015, pada Triwulan
III – 2015 ITK Jawa
Timur diperkirakan sebesar 114,29 diatas Nasional (112,18).
- ITK Jawa Timur di Triwulan
II – 2015 (103,88) menempati posisi kelima dibanding provinsi lainnya di Jawa. Posisi
pertama diduduki oleh DI Yogyakarta sebesar 111,73, disusul DKI Jakarta (109,71), Banten (108,19), Jawa Barat (105,67), dan posisi terakhir Jawa Tengah dengan ITK sebesar
103,60.
- Perkiraan ITK Provinsi
di Jawa Triwulan III – 2015, Jawa Timur (114,29) menempati posisi ketiga. Seluruh ITK provinsi-provinsi di Jawa diperkiraan lebih baik dibanding triwulan sebelumnya. Tingkat optimisme konsumen tertinggi diperkirakan terjadi di DKI
Jakarta (116,38) dan terendah terjadi di Jawa Barat (111,40).